Rabu, 09 April 2014

Pemasaran atau Promosi Produk dan Jasa Dengan Menggunakan SMS



Iklan/Promosi merupakan suatu cara atau bagian dari pada marketing atau pemasaran suatu jasa ataupun produk.

Bagaimana cara memasarkan jasa/produk kita dengan mudah, murah dan tepat sasaran? Tentu berbagai upaya banyak yang dapat kita lakukan seperti melalui iklan media baik cetak maupun digital, dan juga berwujud brosur/sticker/selembaran.

Ada sebuah media yang cukup ampuh , handal, dan tepat sasaran yang belum banyak di pakai oleh orang dalam memasarkan jasa/pruduknya, yaitu Promosi Melalui SMS, ya sms! Karena setiap orang memiliki HandPhone dan juga setiap pesan/sms yang masuk pasti akan dibaca sebelum pemilik handphone tersebut menghapusnya, kenapa? karna penasaran dengan isi SMS.

Bagaimana caranya kita bisa kirim SMS ke banyak nomor dengan mudah?

Pakai Software SMS? 

  • Bisa, tapi lihat apakah anda mengunakan Software tersebut hanya satu kali atau berulang kali.
  • Apakah tidak ribet menyeting software dengan Modem/Handphone?
  • Jika ingin mengirim SMS dengan lebih cepat, maka SIM Card/Kartu Perdana harus lebih banyak, kecepatan 1 SIM Card adalah 1 sms/detik
     
Itu dulu, Sekarang udah gak jaman pakai Software sekarang jamannya Cloud alias Online, kita hanya Perlu Device/Gadget yang tersambung ke Internet, dan dapat mengakses Zenziva.com, lalu daftar > login > beli credit SMS > import data melalui file Excel(*.xls atau *.xlsx) > kirim sms ke semua kontak > klik kirim SMS, sudah deh tinggal menunggu reaksi dari pengiriman SMS.

Apa kelebihan SMS Online? 
  • Kamu tidak perlu membeli Software atau Hardware khusus.
  • Bisa di gunakan 1 kali dan jika ingin membroadcast/mengirim sms lagi cukup membeli credit saja.
  • Bisa di akses di manapun dan kapanpun dengan device atau gadget yang tersambung dengan internet. 

Promosi/Iklan lewat SMS, memang memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi, tetapi keberhasilan promosi/iklan lewat SMS dapat dipengaruhi 3 hal yaitu :
  • Materi sms/Isi SMS : menginformasikan dengan jelas nama produk/jasa, harga, alamat, no HP dan jika ada alamat web.
  • Target area/Wilayah : anda harus menentuka area dengan tepat jangan sampai produk/jasa anda berada di Bandung anda mengirimkan sms promosi/sms marketing ke nomor Papua, Banten, Bekasi, Jakarta dll. Jelas akan dianggap Spam/Sampah terkecuali produk dan jasa anda memang untuk konsumsi nasional.
  • Waktu pengiriman/Jam yang tepat : waktu pengiriman yang tepat akan membuat hasil yang bagus, janganlah mengirim SMS Promosi/SMS Marketing pada tengah malam s/d dini hari. Coba kirim SMS pada Pukul 6 pagi sampai maksimal pukul 8 malam.

Mungkin segitu dulu dari saya, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang memulai bisnis dan butuh untuk mensosialisasikan produk dan jasanya atau pun yang sudah memulai dan bisnisnya sudah berkembang, mudah mudahan berguna untuk mengjangkau calon customer/pelanggan yang tidak tersentuh oleh media promosi yang sudah anda jalankan. 



Written by: Aldi Prikitiuwboy
NotifyBiz, Updated at: Rabu, April 09, 2014