Senin, 20 Januari 2014

Series I Solusi bisnis : Manfaat SMS Center untuk perusahaan




Pada series 1 ide bisnis, saya telah menjelaskan apa yang dimaksud dengan SMS center bukan? Pada artikel kali ini, saya akan memaparkan apa saja manfaat dari pengimplementasian SMS Center pada perusahaan.

Apa saja fitur SMS Center ?
SMS Center memiliki fitur-fitur seperti :

  1. Mengirimkan SMS Masal hanya dengan sekali klik. Fitur ini adalah fitur yang  paling banyak digunakan untuk menyebarkan informasi kepada banyak orang yang tentunya sudah tersimpan dalam kontak pengirim SMS Masal.
  2. SMS Notifikasi. SMS notifikasi ini adalah SMS berupa pemberitahuan yang dikirimkan pada satu orang atau lebih dan berisikan informasi mengenai berbagai macam hal.
  3. SMS Autoforward. SMS Autoforward adalah fitur SMS yang dapat dengan otomatis memforward SMS yang diterima.
  4. SMS Autoreply adalah fitur SMS yang dapat dengan otomatis membalas sms masuk dan balasan SMS sudah di set oleh user agar dapat dikirimkan otomatis pada satu orang maupun lebih.
  5. Dan lain lain..

Okay, beberapa fitur di atas menunjukkan fungsi yang dimiliki tiap fitur yang tentunya dapat dimanfaatkan dan di implementasikan oleh perusahaan dalam membuat sistem baru baik untuk internal perusahaan maupun untuk memberikan informasi pada customer.

Manfaat SMS Center bagi perusahaan secara umum
Sesuai dengan fitur SMS Center yang saya paparkan di atas, SMS Center memiliki manfaat sebagai berikut :
  • Menyebarkan informasi berupa teks dengan tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi.
  • Meningkatkan value kepercayaan pelanggan pada produk atau jasa dan layanan yang perusahaan anda tawarkan.
  • Memudahkan pelanggan untuk berinteraksi langsung kepada perusahaan secara lebih personal dan individual.

Contoh manfaat SMS Center bagi perusahaan
Saya akan berikan beberapa contoh manfaat penerapan pada bidang bisnis yang berbeda beda.

1. Toko Online
Bagi anda yang memiliki online shop atau toko online, anda menambah fitur sms center yaitu SMS Notifikasi berupa promosi produk, informasi diskon, dan informasi pembelian.


Manfaat : Bagi pembeli, hal yang terpenting adalah pelayanan yang baik, sistem jual beli yang simpel dan kualitas penawaran produk. Apabila anda menerapkan SMS Center pada online shop anda. Setiap pembeli yang melakukan transaksi akan dikirimkan informasi pembelian, nomor rekening dan juga info mengenai nomor resi pengiriman barang yang tentunya akan menambah kepercayaan para pembeli dan menjadikan mereka pelanggan tetap anda.

2. Yayasan pendidikan.
Bagi yayasan pendidikan, SMS notifikasi dapat di implementasikan untuk memberikan informasi mengenai rapat orang tua murid, informasi pelaksanaan ujian, informasi jadwal akademik, dan lain lain.

 

Manfaat : Dapat dengan mudah menginformasikan kegiatan sekolah/ yayasan pendidikan yang meilbatkan siswa maupun orang tua siswa dan meningkatkan ke-efisiensian informasi yang bersangkutan mengenai sistem informasi akademik yayasan pendidikan.

3. CALEG PILKADA
Bagi anda yang bersiap menghadapi pemilihan kepala daerah, walikota, gubernur, maupun pemilihan umum dapat menggunakan SMS Center sebagai sarana kampanye.


Manfaat:Dapat dengan mudah menginformasikan dan meyakinkan para calon pemilih mengenai visi dan misi anda sebagai calon kepala daerah melalui SMS yang anda kirimkan.

4. Internal perusahaan
Meeting dadakan?Rapat proyek yang tiba tiba? Semua itu terkadang menjadi masalah ketika kepentingan mendadak tersebut terlambat untuk disampaikan. SMS Center tentunya dapat digunakan untuk mengirimkan SMS Massal kepada karyawan dan anggota proyek untuk dapat menghadiri kepentingan yang bersifat mendadak seperti yang ada pada gambar berikut.


Manfaat :dapat dengan mudah menginformasikan agenda perusahaan yang bersifat penting secara lebih personal kepada tiap anggota maupun penyebaran informasi agenda yang bersifat mendadak dan urgent.

Nah, dari beberapa contoh di atas mengenai kegunaan dan manfaat SMS Gateway apabila diterapkan pada perusahaan anda. Tertarik? Makin bingung? Silahkan chat dengan saya atau isi form kontak untuk dapat mengirimkan kritik, saran, pertanyaan dan request script mengenai perspektif anda dalam implementasi SMS Gateway. Dan, biarkan saya mengetahuinya serta membantu anda untuk dapat memantapkan Sistem yang anda miliki dengan SMS Gateway. Cheerios!

Written by: Aldi Prikitiuwboy
NotifyBiz, Updated at: Senin, Januari 20, 2014