Selasa, 18 Februari 2014

Riset, Pengamatan dan Curcol : Kiat sukses toko online

Seiring perkembangan zaman, manusia menemukan cara baru dalam melakukan perdagangan. awalnya ketika orang orang harus ke tempat tertentu dan bertatap muka untuk melakukan perdagangan dan transaksi. tetapi, senada dengan perkembangan industri teknologi dan khususnya internet, secara cepat dan influensial wajah perdagangan mulai berubah secara perlahan. dan sampai pada detik saya menulis artikel ini, sistem perdagangan baru akan terus dikembangkan dan muncul inovasi-inovasi baru.

Di seluruh belahan dunia sebagai alternatif sistem perdagangan konvensional atau tatap muka, e-commerce atau perdagangan digital telah mendapatkan tempat di hati para masyarakat, shopaholic maupun sosialita sekalipun. dan di indonesia sendiri, setiap tahunnya perkembangan e-commerce melalui online shop telah merubah gaya hidup masyarakat modern yang ada di indonesia. berikut data perkembangan e-commerce di indonesia.


Nah, dapat dilihat pada data di atas, setiap tahunnya selalu meningkat jumlah transaksi dan orang yang berbelanja online. dengan transaksi terbanyak pada interval Rp. 1.000.000,- sampai Rp. Rp. 5.000.000,- dan dengan alat pembayaran yang paling familiar, transfer via atm.

kali ini, saya akan membahas tentang kiat sukses toko online dengan memanfaatkan data di atas. online shop dengan maksimum transaksi online Rp. 1juta - Rp. 5juta dan menggunakan alat pembayaran ATM. jadi, apabila anda akan lanjut membaca post ini silahkan ambil posisi duduk senyaman mungkin dan stay focus. 

Apa yang membuat toko online memiliki tingkat cash overflow yang sangat tinggi? apa yang membuat sebuah produk diminati? apa yang membuat online shop sangat populer sehingga banyak pembeli yang merasa puas merekomendasikan pada kenalannya?

menurut pengamatan saya, ada 3 pondasi dasar dalam suatu kesuksesan online shop. berikut penggambaran saya akan pondasi tersebut.


Nah, gambar di atas cukup mendefinisikan pandangan saya akan kesuksesan toko online menurut versi saya. Apabila anda masih belum menangkap maksud tersirat dan tersurat dari gambar di atas, akan saya jabarkan satu persatu untuk anda.

1. Logo

Kenapa saya menomor satukan logo daripada yang lain? bukannya logo itu cuma sekedar tampilan? Believe it or not, design memiliki makna lebih dari sekedar tampilan.

Well, design sebuah logo adalah satu langkah awal yang amat sangat vital dan crucial. melalui logo anda, pelanggan melihat jati diri bisnis anda dan melalui logo pula meskipun nama online shop anda tidak terkenal maupun susah di ingat akan menampilkan image di pikiran pelanggan anda melalui logo anda.

Dikarenakan sepenting itu arti sebuah logo bagi bisnis anda, saya hanya dapat memberikan saran bagi anda yang akan memulai bisnis anda, diharapkan hati-hati dalam memilih logo yang akan anda gunakan pada bisnis anda. karena logo bisnis anda adalah jati diri dan wajah bisnis anda.

saya ambil contoh perusahaan teknologi Apple inc. Apple memiliki logo yang menurut saya sangat berkarakter, mengandung hasrat tertentu, dan tidak lekang oleh jaman. sejak logo apel tergigit/croak di desain oleh Rob Janoff pada tahun 1976, logo apel croak dengan motif "reversed spectrum rainbow" menjadi salah satu logo futuristik dan pelopor logo perusahaan teknologi yang memiliki estetika tersendiri.
Image : Gizmodo

2. Produk

"Untuk memiliki ide yang bagus, miliki banyak ide". - Thomas Alva Edison. Penggalan Quote dari Bapak penemu bola lampu modern tersebut menginspirasi saya untuk mengkategorikan apa saja untuk menjadikan produk toko online sebagai icon.

long story short, saya mendefinisikan produk yang baik adalah produk yang inovatif, kompetitif, dan eksklusif. kenapa saya memilih 3 poin tersebut? berikut alasan saya.

Kenapa harus inovatif?
Bayangkan ketika semua barang atau produk di dunia ini semuanya sama saja dengan kualitas sama dan tidak punya ciri khas. Memuakkan, tapi itu cuma pengandaian saja. namun, ketika semua orang berlomba membuat suatu inovasi baru yang berbeda dan memiliki kelebihan masing masing, tentunya itu akan mendorong gaya hidup dan peradaban manusia menjadi lebih baik.

Kenapa harus kompetitif?
Ketika suatu produk sudah memiliki inovasi dan berpotensi untuk menembus pasar, coba pasang banderol harga produk anda yang masih dapat dijangkau konsumen dan pastikan anda telah riset pasar terlebih dahulu agar produk anda tidak kemahalan dan tidak terlalu murah yang nantinya mengundang amukan kompetitor anda.

Kenapa harus eksklusif?
Untuk yang satu ini, saya akan jelaskan sesimpel mungkin agar pembaca tidak salah paham. memang benar kompetitifitas terkadang bertolak belakang dengan eksklusifitas(bener ga sih penulisannya?). produk eksklusif yang saya ambil contoh, bukan seperti produk WOW yang "limited edition". tapi lebih kepada right product for the right person. Which mean, ketika anda menyasar target produk pada kelas tertentu pastikan produk anda sesuai dengan budget dan membuat pelanggan merasa WAH tanpa harus memaksa standar anda sendiri.

Contohnya seperti ponsel android buatan perusahaan cina bernama Xiaomi yang memiliki spesifikasi, design hardware & interface yang luar biasa dengan harga ekonomis.

image : intomobile
3. Layanan

Layanan yang saya maksud ini adalah interaksi anda sebagai pemilik online shop pada pelanggan. pelanggan selalu ingin keluhannya didengar. yah lebih seperti ketika anda dengan pacar atau teman yang sedang ada masalah. tapi dalam dunia bisnis, interaksi anda dan pelanggan terbatas pada seputar complaint produk dan tanya jawab seputar bisnis anda.

Jadi jangan khawatir bila ada pelanggan yang ingin curhat masalah diselingkuhin, berantem ama pasangan atau belum bisa move on. just in case, anda dapat menghentikan pembicaraan dan membela diri(bukan pake silat ataupun tae kwon do) apabila pelanggan tidak mengindahkan privacy and policy dan juga terms and condition yang sudah anda buat.

Anda harus responsif dan tanggap pada keluhan dan pertanyaan pelanggan anda, jangan biarkan mereka(red-para pelanggan) menunggu terlalu lama. apabila mereka menunggu terlalu lama, itu akan berefek kepada citra dan kredibilitas bisnis anda di mata pelanggan anda. dan ketika anda memberikan solusi, pastikan solusi anda benar benar dapat dipercaya, bukan hanya berdasarkan "mungkin".

Extra

And the last but not least, SMS Notifikasi untuk memudahkan anda dan pelanggan anda.


Untuk yang satu ini memang hanya opsi bagi anda yang telah memiliki online shop. namun, saya sangat menyarankan untuk menggunakan fitur SMS-Notifikasi pada online shop anda.

Mengapa menggunakan fitur SMS Notifikasi?
Ketika seorang member melakukan pemesanan pada online shop anda, akan dikirimkan SMS kepada anda sebagai pemilik online shop dan pelanggan berupa notifikasi pemesanan, info pembayaran, tenggat pembayaran dan lain lain. anda juga dapat menerapkan SMS Notifikasi untuk registrasi member, verifikasi registrasi member dan lupa password.

Apabila anda dapat membuat SMS Gateway sendiri, anda tentunya dapat mengintegrasikan sendiri fitur ini pada online shop anda. akan tetapi, apabila anda tidak memiliki background IT maupun programming yang memadai, saya menyarankan anda untuk mengunjungi www.sms-notifikasi.com karena, disana telah tersedia berbagai macam modul untuk anda yang menggunakan CMS Opencart, Prestashop dan custom web PHP.

Sekian artikel dari saya, semoga dapat menginspirasi anda untuk menjalankan online shop anda sendiri. apabila anda ingin bertanya masalah SMS Gateway, kritik,saran dan request script silahkan chat pada bagian kanan bawah blog saya.

Semoga sukses!
Cheerios.
Written by: Aldi Prikitiuwboy
NotifyBiz, Updated at: Selasa, Februari 18, 2014