Kamis, 20 Maret 2014

SMS Center untuk kampanye Caleg dan Parpol



2014, lima tahun sudah semenjak pemilihan umum 2009 kemarin. Pada tahun ini tentunya ada banyak sekali partisipan dari berbagai partai politik dan calon legislatif yang telah memulai kampanyenya semenjak beberapa minggu terakhir.
Media kampanye yang sangat umum digunakan adalah mengumpulkan massa sebanyak banyaknya dan berorasi di atas panggung dengan meneriakan dengan lantang visi, misi, janji dan umbaran revolusi. Apakah itu cukup efektif? Hm..kalau anda bertanya kepada saya, saya rasa cara tersebut memang bisa menarik simpatisan yang berakhir memilih sang orator menjadi anggota parlemen atau bahkan menjadi pemimpin nusantara.
Mari persempit pembahasan menjadi terfokus kepada media kampanye para calon pemerintah. Seperti orasi di hadapan massa yang sudah saya jelaskan di atas, beberapa media lain seperti iklan di tv, iklan di radio, baliho besar bergambar calon legislatif lengkap dengan nomor urut pilih dan juga slogan “unik” yang hanya dipakai oleh masing masing calon legislatif. Malah beberapa caleg yang saya lansir dari google, partai yang saya tidak boleh sebutkan namanya menghabiskan minimal 6 Miliar rupiah untuk melakukan kampanye. Semahal itukah biaya untuk melakukan kampanye? Apakah sebanding dengan kemungkinan terpilih menjadi anggota legislatif? Kenapa para caleg menghabiskan begitu banyak biaya hanya untuk kampanye yang belum jelas bisa membuat mereka terpilih?

Menurut saya pribadi, untuk apa menghabiskan begitu banyak biaya untuk harapan yang begitu samar dan tidak pasti. Kenapa tidak memanfaatkan media digital yang tentunya sudah optimisasi kemajuannya sampai hari ini? Media digital apa saja yang bisa digunakan dan tingkat efektifitas penerimaannya tinggi? Let`s see..berikut riset media yang dilakukan oleh zenziva.com menurut tingkat ke-efektifannya.



Dari hasil riset di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa selama 14 jam sehari handphone dibawa oleh para penggunanya,dan dari seluruh aplikasi penunjang komunikasi yang ada di handphone baik smartphone maupun feature phone, SMS merupakan fitur komunikasi yang paling responsif dengan waktu baca rata-rata 90 detik dan presentase terbaca yang paling besar dengan indeks persentase 98% dibandingkan dengan aplikasi lain.

Fakta diatas yang memperkuat saya untuk menuliskan artikel ini dan melanjutkan kita pada subchapter berikutnya. Apa yang sebaiknya digunakan untuk mengirimkan broadcast SMS berisi pesan kampanye? Baik, saya menyarankan SMS Center untuk penggunaan Broadcast SMS kampanye. Alasannya, karena fitur SMS Center yang dapat memfasilitasi kampanye anda secara mobile. Apa saja fitur SMS Center dan seberapa besar impactnya pada kampanye anda? Mari langsung saja saya bahas mengenai hal tersebut.

Fitur

Beberapa fitur dari SMS Center dapat membantu anda dalam melakukan kampanye secara mobile. Dan secara keseluruhan akan praktis digunakan oleh anda dan diterima dengan cepat oleh para penerima SMS anda. Berikut ini adalah fitur-fitur SMS Center :

  • Broadcast SMS : Mengirimkan banyak SMS kepada banyak penerima dengan isi pesan yang sama.

  • Autorespon SMS : Secara otomatis membalas sms yang dikirimkan. Tentunya sudah di set terlebih dulu dengan filter kata kunci.

  • SMS Notifikasi : Mengirimkan SMS berupa pemberitahuan yang berisikan informasi ketika terjadi interaksi antara pengguna dengan sistem maupun website anda.


  • Dan lain lain
Impactnya pada Kampanye anda


Dari fitur fitur yang saya jelaskan di atas, beberapa impact yang berpengaruh pada kampanye anda adalah sebagai berikut :
  • Kampanye lebih terarah kepada target kampanye anda.
  • Biaya kampanye via SMS lebih hemat dibandingkan iklan pada TV dan lain-lain.
  • Anda dapat menggunakan fitur SMS Center seperti SMS autorespon yang secara otomatis mengirimkan pesan kepada pembaca kampanye anda bila mereka membalas SMS kampanye anda.
  • Apabila anda memiliki website untuk kampanye, SMS Notifikasi dapat memudahkan anda dalam menerima informasi siapa saja yang berpartisipasi pada kampanye anda dengan mengirimkan siapa saja member website kampanye anda melalui SMS.


Persyaratan

Persyaratan untuk memiliki SMS Center adalah sebagai berikut :
  • Hardware(PC, modem, kartu sim)
  • Software(SMS Gateway)
  • Kemampuan Programming


Mau kirim SMS aja kok ribet yah? Harus ini itu segala. Kenapa tidak pakai sesuatu yang serba instan, mudah dan terjangkau? Di indonesia sudah ada Cloud SMS Gateway seperti http://www.zenziva.com yang menyediakan fitur SMS Center secara penuh. Cukup online dan satu klik untuk kirim Broadcast SMS berisi pesan kampanye. Ada yang lebih simple?

Konklusi

SMS Center dapat menjadi solusi bagi anda yang menginginkan alternatif dalam melakukan kampanye untuk pemilihan umum tahun ini. Dengan fitur yang mendukung anda dalam melakukan kampanye, tentu akan terfasilitasi dan terarah kampanye yang anda lakukan. Sekian artikel saya ini, apabila anda membutuhkan bantuan mengenai SMS Gateway, solusi, kritik, saran dan lainnya..silahkan kunjungi blog dan beritahu saya apa masalah anda. End of the day, terima kasih sudah mau membaca artikel ini. Cheers.
Written by: Aldi Prikitiuwboy
NotifyBiz, Updated at: Kamis, Maret 20, 2014