2014, lima tahun sudah semenjak pemilihan umum 2009 kemarin. Pada
tahun ini tentunya ada banyak sekali partisipan dari berbagai partai politik
dan calon legislatif yang telah memulai kampanyenya semenjak beberapa minggu
terakhir.
Media kampanye yang sangat
umum digunakan adalah mengumpulkan massa sebanyak banyaknya dan berorasi di
atas panggung dengan meneriakan dengan lantang visi, misi, janji dan umbaran
revolusi. Apakah itu cukup efektif? Hm..kalau anda bertanya kepada saya, saya
rasa cara tersebut memang bisa menarik simpatisan yang berakhir memilih sang
orator menjadi anggota parlemen atau bahkan menjadi pemimpin nusantara.
Mari persempit pembahasan
menjadi terfokus kepada media kampanye para calon pemerintah. Seperti orasi di
hadapan massa yang sudah saya jelaskan di atas, beberapa media lain seperti
iklan di tv, iklan di radio, baliho besar bergambar calon legislatif lengkap
dengan nomor urut pilih dan juga slogan “unik” yang hanya dipakai oleh masing
masing calon legislatif. Malah beberapa caleg yang saya lansir dari google, partai
yang saya tidak boleh sebutkan namanya menghabiskan minimal 6 Miliar rupiah
untuk melakukan kampanye. Semahal itukah biaya untuk melakukan kampanye? Apakah
sebanding dengan kemungkinan terpilih menjadi anggota legislatif? Kenapa para
caleg menghabiskan begitu banyak biaya hanya untuk kampanye yang belum jelas
bisa membuat mereka terpilih?
Menurut saya pribadi,
untuk apa menghabiskan begitu banyak biaya untuk harapan yang begitu samar dan
tidak pasti. Kenapa tidak memanfaatkan media digital yang tentunya sudah
optimisasi kemajuannya sampai hari ini? Media digital apa saja yang bisa
digunakan dan tingkat efektifitas penerimaannya tinggi? Let`s see..berikut riset media yang dilakukan oleh zenziva.com
menurut tingkat ke-efektifannya.
Dari hasil riset di atas,
bisa ditarik kesimpulan bahwa selama 14 jam sehari handphone dibawa oleh para
penggunanya,dan dari seluruh aplikasi penunjang komunikasi yang ada di
handphone baik smartphone maupun feature phone, SMS merupakan fitur komunikasi
yang paling responsif dengan waktu baca rata-rata 90 detik dan presentase
terbaca yang paling besar dengan indeks persentase 98% dibandingkan dengan
aplikasi lain.
Fakta diatas yang
memperkuat saya untuk menuliskan artikel ini dan melanjutkan kita pada
subchapter berikutnya. Apa yang sebaiknya digunakan untuk mengirimkan broadcast
SMS berisi pesan kampanye? Baik, saya menyarankan SMS Center untuk penggunaan
Broadcast SMS kampanye. Alasannya, karena fitur SMS Center yang dapat
memfasilitasi kampanye anda secara mobile. Apa saja fitur SMS Center dan seberapa
besar impactnya pada kampanye anda? Mari langsung saja saya bahas mengenai hal
tersebut.
Fitur
Beberapa fitur dari SMS Center dapat
membantu anda dalam melakukan kampanye secara mobile. Dan secara keseluruhan
akan praktis digunakan oleh anda dan diterima dengan cepat oleh para penerima
SMS anda. Berikut ini adalah fitur-fitur SMS Center :
- Broadcast SMS : Mengirimkan banyak SMS kepada banyak penerima dengan isi pesan yang sama.
- Autorespon SMS : Secara otomatis membalas sms yang dikirimkan. Tentunya sudah di set terlebih dulu dengan filter kata kunci.
- SMS Notifikasi : Mengirimkan SMS berupa pemberitahuan yang berisikan informasi ketika terjadi interaksi antara pengguna dengan sistem maupun website anda.
- Dan lain lain
Impactnya pada Kampanye anda
Dari fitur fitur yang saya
jelaskan di atas, beberapa impact yang berpengaruh pada kampanye anda adalah
sebagai berikut :
- Kampanye lebih terarah kepada target kampanye anda.
- Biaya kampanye via SMS lebih hemat dibandingkan iklan pada TV dan lain-lain.
- Anda dapat menggunakan fitur SMS Center seperti SMS autorespon yang secara otomatis mengirimkan pesan kepada pembaca kampanye anda bila mereka membalas SMS kampanye anda.
- Apabila anda memiliki website untuk kampanye, SMS Notifikasi dapat memudahkan anda dalam menerima informasi siapa saja yang berpartisipasi pada kampanye anda dengan mengirimkan siapa saja member website kampanye anda melalui SMS.
Persyaratan
Persyaratan untuk memiliki SMS Center adalah
sebagai berikut :
- Hardware(PC, modem, kartu sim)
- Software(SMS Gateway)
- Kemampuan Programming
Mau kirim SMS aja kok
ribet yah? Harus ini itu segala. Kenapa tidak pakai sesuatu yang serba instan,
mudah dan terjangkau? Di indonesia sudah ada Cloud SMS Gateway seperti http://www.zenziva.com yang menyediakan
fitur SMS Center secara penuh. Cukup online dan satu klik untuk kirim Broadcast
SMS berisi pesan kampanye. Ada yang lebih simple?
Konklusi
SMS Center dapat menjadi
solusi bagi anda yang menginginkan alternatif dalam melakukan kampanye untuk
pemilihan umum tahun ini. Dengan fitur yang mendukung anda dalam melakukan
kampanye, tentu akan terfasilitasi dan terarah kampanye yang anda lakukan.
Sekian artikel saya ini, apabila anda membutuhkan bantuan mengenai SMS Gateway,
solusi, kritik, saran dan lainnya..silahkan kunjungi blog dan beritahu saya apa
masalah anda. End of the day, terima
kasih sudah mau membaca artikel ini. Cheers.
Written by: Aldi Prikitiuwboy