Rabu, 02 April 2014

Apa itu SMS Gateway?

SMS gateway adalah sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim juga menerima SMS, dan biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi(Bulk SMS), servis informasi terhadap pengguna, penyebaran content produk / jasa dan lain lain.
Agar dapat membuat sebuah SMS gateway, Anda terlebi dahulu harus mengenal hal-hal  yang berhubungan dengan SMS gateway tersebut. Selain satu hal yang memegang peranan penting dalam pengiriman SMS adalah SMSC ( Short Message Service Center ) yang merupakan jaringan telepon selular yang menangani pengiriman SMS.
Jadi, pada saat seseorang mengirimkan sebuah SMS melalui ponsel, SMSC-lah yang berkepentingan mengirimkan SMS tersebut ke nomer tujuan.
Jika nomer tujuan tidak aktif atau Hangus, maka SMSC akan menyimpan SMS tersebut dalam kurun waktu tertentu, Jika SMS tetap tidak dapat dikirim sampai kurun waktu berakhir, maka SMS akan di hapus dari penyimpanan SMSC.
Sebuah aplikasi SMS gateway dapat menggunakan jalur SMSC untuk pengoperasiannya. Keuntungannya adalah penggunaan nomer pendek/short code yang mungkin dapat terdiri dari 3 sampai 4 digit saja misal 252, 14045, dan lain lainya.
Contohnya seperti anda mengikuti pooling SMS Acara TV, nomer pendek / short code ini disediakan oleh operator jaringan SMSC. Jalur SMSC juga dapat mengirimkan SMS dalam jumlah yang banyak dalam kurun waktu yang lumayan singkat. Hanya saja, untuk membuat SMS gateway dengan menggunakan jalur SMSC, kita harus memiliki sambungan ke operator seluler, dan ini bukanlah hal yang mudah untuk pembisnis dalam skala mikro ataupun perorangan. Umumnya layanan ini digunakan jika aplikasi kita dapat menghasilkan lalu lintas SMS yang banyak.
Terdapat alternatif infrastruktur yang lebih sederhana dan mudah didapatkan, yaitu membuat SMS gateway dengan menggunakan ponsel atau modem GSM/CDMA sebagai media pengiriman/penerima SMS. ponsel atau modem GSM/CDMA tersebut terpasang ke sebuah komputer.
Tentu saja SMS tersebut sebenarnya tetap terkirim melalui jalur SMSC, hanya saja melalui rute yang sedikit lebih panjang karena tidak mempunyai sambungan langsung ke SMSC. Karena itu, kapasitas dan kecepatan pengirimannya tidak secepat  menggunakan sambungan langsung ke SMSC.
Karena relatif lebih mudah untuk diimplementasikan, SMS gateway dengan menggunakan ponsel / GSM/CDMA modem cukup berkembang dan telah banyak digunakan.
Lalu apa perbedaanya jika menggunakan ponsel, modem GSM, atau modem CDMA? Apa pilihan terbaik? Sangat tergantung pada kebutuhan anda sendiri, modem GSM/CDMA memang di desain bekerja untuk keperluan SMS gateway, memiliki peforma yang baik dan stabil dibandingkan dengan ponsel biasa.
Tetapi, penggunaan ponsel untuk keperluan SMS gateway juga dapat dipertimbangkan jika sistem SMS gateway yang digunakan tidak terlalau berat dan masih dapat ditangani melalui ponsel.
Sedangkan modem GSM/CDMA, sesuai dengan namanya dibedakan oleh jaringannya, apakah menggunakan GSM atau CDMA. Untuk saat ini modem GSM lebih banyak digunakan karena jaringan GSM sendiri lebih stabil.
Modem CDMA tetap merupakan alternatif menarik yang mungkin berguna untuk kondisi tertentu. Misalnya jika anda memiliki perhitungan biaya pulsa yang lebih murah, atau kalangan penerima SMS dari sistem SMS gateway anda kebanyakan menggunakan ponsel CDMA.
Cara kerja modem GSM/CDMA mirip dengan modem dial up yang biasa di gunakan untuk sambungan internet memalalui line telepon. Perbedaannya adalah modem dial-up mengirim dan menerima data melalui line telepon, sedangkan modem GSM/CDMA mengirim dan menerima data lewat gelombang radio...

Tapi itu dulu Sekarang sudah tersedia yang namanya Online SMS Gateway, sehingga kamu tidak perlu membeli Software Khusus atau Hardware Khusus , cukup kunjungi Penyedia layanan Online SMS Gateway, daftar dan login ke dengan akun kamu.
Lalu kamu dapat kirim sms massal(sms bulk) atau sambungin ke aplikasi dan website lewat HTTP API

-Schema Online SMS Gateway-

Kemudahan di dapatkan, karna berkembangnya teknologi
 http:zenziva.com/,http://zenziva.net/, http://sms-notifikasi.com/, http://rds-ads.com/, http://rezekidarisms.com/
Written by: Aldi Prikitiuwboy
NotifyBiz, Updated at: Rabu, April 02, 2014